TipsWongJowo merupakan blog yang membahas tentang tips, trik dan hal unik lainya kepada Anda secara gratis.

Sunday, December 17, 2017

Fakta Yerusalem Kota Tua Bersejarah Tiga Agama

Fakta yerusalem - Akhir-akhir ini Yerusalem menjadi sorotan publik setelah adanya pernyataan sepihak dari Presiden Amerika Donald Trump yang menyebutkan bahwa kota tersebut adalah Ibukota Israel. Dalam bahasa Ibrani Yerusalem disebut Yerusalaim dan dalam bahasa Arab disebut Urusalim al-quthb merupakan salah satu kota tertua di dunia.

Pada masa lalu Yerusalem menjadi kota yang berulang kali direbut, ditaklukan, dihancurkan, dan dibangun kembali oleh berbagai pihak. Pusat Yerusalem yang merupakan bagian kota tua sebenarnya adalah suatu labirin ganggang sempit dan arsitektur bersejarah yang menandai 4 penjuru kota. Yaitu kawasan Kristen, Muslim, Yahudi dan Armenia.

Fakta yerusalem
Kota Yerusalem. Source image sindonews.net

Di kota ini juga terdapat tiga bangunan bersejarah yang disucikan oleh umat Islam, Nasrani dan juga Yahudi. Jadi tidak mengherankan jika Yerusalem mendapat julukan tanah suci tiga agama. Selain fakta di atas ada juga beberapa fakta lainnya. Inilah fakta Yerusalem kota suci tiga agama yang saya rangkum.

Fakta Yerusalem Kota Tua Bersejarah


Sejatinya Yerusalem adalah kota yang sudah sangat tua dan sudah ada sejak puluhan ribu tahun lalu. Sejak ditemukan pada tahun 2000 sebelum masehi Tanah ini menjadi rebutan berbagai bangsa. Mulai bangsa Babilonia, bangsa Romawi, bangsa Arab hingga Israel. Pada awal pendiriannya Yerusalem sudah mengorbankan ribuan nyawa yang dibantai oleh bala tentara raja Nebukadnezar dari Babilonia.

Lalu pada masa perang salib di 1096 sedikitnya 75000 orang Arab muslim dan Yahudi di Yerusalem tewas. Darah mereka membanjiri sudut-sudut kota. Pada tiap zaman selalu mengalami pergantian kekuasaan. Tak aneh jika Yerusalem memiliki ciri khas sisi keanekaragaman budaya dan agama.

Baru setelah Salahuddin Al Ayyubi menguasai kota Yerusalem saat perang salib ketiga. Semua orang Islam, Kristen dan Yahudi dapat beribadah tanpa ada gangguan. Setelah dikuasai bangsa-bangsa muslim selama ratusan tahun Yerusalem kemudian jatuh ke tangan Israel pada 1967. Sejak itulah tempat para nabi dilahirkan ini seolah berkawan akrab dengan berbagai tragedi.

Fakta Yerusalem Bagi Umat Islam


Bagi umat Islam kota Yerusalem merupakan salah satu kota terpenting. Karena adanya sebuah masjid bernama Al Aqsa, masjid suci ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ini dipercaya menjadi tempat dimana Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam diangkat ke sidratul muntaha dalam peristiwa Isra Mi'raj. Masjid berkubah perak yang sebelumnya bernama Baitul Maqdis ini juga adalah kiblat pertama bagi kaum muslimin sebelum akhirnya diubah menjadi ke Ka'bah. Setelah Nabi Muhammad mendapat petunjuk dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Selain kawasan Syarief yang menjadi lokasi berdirinya Masjid al-aqsa. Ada juga beberapa masjid lainnya yaitu masjid Qibli, masjid Buraq, masjid Narwan dan Dome of The Rock yang merupakan bangunan kubah pertama yang dibangun dalam sejarah Islam. Dome of The Rock yang dibangun oleh khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan ini diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Mi'raj.

Dalam sejarahnya Masjid Al-aqsa sempat mengalami berbagai insiden. Pada saat kependudukan bangsa Romawi kompleks Al Aqsa sempat dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Namun hal ini dihentikan oleh Khalifah Umar Bin Khattab berhasil membebaskan kota dari Romawi dan menyingkirkan sampah-sampah itu dengan tangannya sendiri.

Umar juga memperbolehkan kembali umat Yahudi kembali ke Yerusalem setelah ber abad-abad diusir dan diasingkan oleh bangsa Romawi . Masjid Al-aqsa turut menjadi tempat bersejarah bagi lahirnya karya besar Imam Al Ghazali yakni Ihya Ulumudin.  Diketahui Al Ghazali Tinggal di salah satu kamar yang terdapat di Kompleks Al Aqsa di sanalah beliau menulis karya terbesar itu

Insiden tragis juga sempat menimpa umat muslim yang berada di Masjid Al-aqsa. Saat tentara salib datang ke Yerusalem mereka membantai sedikitnya 70000 penduduk dan mengubah fungsi bangunan yang ada di Kompleks Masjid. Dome of The Rock dan masjid menjadi istana

Fakta Yerusalem Bagi Umat Kristen


Bagi umat Kristen, Yerusalem adalah tempat permulaan kekristenan. Di yakini di kota inilah Yesus pernah mengajar, disengsarakan, wafat disalib dan bangkit sambil mengenakan karya penebusan dunia. Yerusalem pun terdapat gereja dianggap sebagai gereja induk dari semua gereja. Gereja ini dikelola secara bersama oleh perwakilan kaum Kristen yang berbeda. Sebagian besar dari patriarkat Ortodoks Yunani, Biara fransiskan dari gereja Katolik Roma dan patriarkat Armenia.

Namun juga ada Ethiopia topik dan gereja Ortodoks Suriah dan hingga sekarang lokasi gereja di Yerusalem merupakan tempat tujuan ziarah bagi Jutaan umat Kristen di seluruh dunia. Yerusalem terbagi atas kota lama dan kota baru. Di kota lama terdapat 8 pintu gerbang megah salah satu yang dianggap terbesar dan terindah. Gerbang itu ialah gerbang damaskus yang terletak di sebelah utara Kota Lama.

Lalu ada juga gerbang baru yang dibuka pada 1887 sebagai sarana penghubung antara bagian Kristen dan lembaga-lembaga Katolik di luar tembok kota. Serta ada juga gerbang Sion di sebelah Selatan yang menghubungkan bagian Armenia dengan gunung Sion. Dimana terletak ruangan perjamuan terakhir.

Bagi umat Yahudi, Yerusalem adalah tempat Nabi Daud mendirikan kerajaan Israel pada tahun 1000 sebelum masehi setelah mengalahkan Goliat di filistin yang sekarang dikenal sebagai Palestina. Saat itu kekuasaan Nabi Daud membentang sepanjang tepi sungai Nil hingga efrat di Babilonia atau sekarang dikenal Irak.

Setelah Nabi Daud meninggal kekuasaan Kerajaan kemudian berpindah kepada anaknya yakni Nabi Sulaiman. Di bawah kepemimpinan Nabi Sulaiman inilah dibangun sebuah tempat peribadatan yang dikenal oleh orang Yahudi dengan nama bait salomo atau bait sulaiman. Yang menurut Alkitab adalah Bait Suci pertama agama Yahudi kuno di Yerusalem.

Setelah Sulaiman wafat, Israel dilanda perang saudara. Akibatnya di wilayah kerajaan pun terbelah menjadi dua, sebelah utara Israel dengan ibukota Samaria dan bagian Selatan di yakuda  dan ibu kota Yerusalem. Perang tak berkesudahan ini membuat Bait Suci hancur dan meninggalkan sisa tembok di sebelah barat. Sisa-sisa reruntuhan yang diyakini bagian dari Bait Suci inilah yang menjadi tempat peribadatan umat Yahudi yang dikenal sebagai tembok ratapan.

Itulah rangkuman mengenai fakta yerusalem kota tua bersejarah yang terdapat 3 agama. Nantikan artikel lainya di blog tipsom.net

Fakta Yerusalem Kota Tua Bersejarah Tiga Agama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Fx

0 comments:

Post a Comment