TipsWongJowo merupakan blog yang membahas tentang tips, trik dan hal unik lainya kepada Anda secara gratis.

Thursday, November 16, 2017

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Tenggorokan kering bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bicara juga rasanya cukup menyakitkan dan canggung. Jangan sedih jika mengalami tenggorokan kering. Segera cari tahu penyebabnya untuk bisa mengatasinya dengan tepat.

Tenggorokan kering sering disertai rasa gatal atau sakit di tenggorokan. Kondisi ini bisa jadi merupakan gejala kelainan tenggorokan atau mulut. Dua kondisi yang berhubungan dengan tenggorokan kering adalah radang tenggorokan dan mulut kering.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tenggorokan Kering


Penyebab dan Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Dengan Cepat


1. Radang tenggorokan
Kondisi ini paling sering menyebabkan tenggorokan kering disertai suara serak dan gatal. Laringitis adalah pembengkakan pita suara yang terjadi karena terlalu sering menggunakan pita suara atau karena adanya infeksi.

Ada dua jenis radang tenggorokan yang dibedakan dengan rentang waktu timbulnya gejala. Antara lain, laringitis jangka panjang (kronis) umumnya disebabkan oleh asap rokok, mengkonsumsi alkohol, alergi, atau iritasi asam lambung. Dan radang tenggorokan jangka pendek (akut) biasanya disebabkan oleh infeksi virus.

Gejala umum adalah kerongkongan dan nyeri kering, suara serak, lemah, gatal, atau batuk kering.

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya penderita radang tenggorokan akan diberi obat seperti kortikosteroid atau antibiotik (jika penyebab infeksi bakteri) sesuai dengan nasehat dokter. Selain itu Anda juga bisa melakukan beberapa penanganan sehari-hari seperti minum air mineral, menghirup inhaler yang mengandung mentol, membilasnya dengan air garam hangat, makan permen mint, dan makan permen karet (tenggorokan tenggorokan). Dianjurkan untuk menghindari merokok dan mengistirahatkan suara Anda.

2. Mulut kering
Selain radang tenggorokan, mulut kering juga bisa menjadi penyebab tenggorokan kering. Mulut kering terjadi karena produksi air liur cukup atau air liur berkurang atau tidak sama sekali. Dan biasanya terjadi pada mereka yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, kerusakan saraf di daerah kepala atau leher, merokok, mengonsumsi obat tertentu, atau karena penyakit tertentu.

Gejalanya meliputi rasa haus yang terus-menerus, mulut kering, tenggorokan kering, luka di sudut mulut, bibir pecah-pecah, gangguan rasa, sulit dikunyah, sakit tenggorokan, dan lidah terasa kasar, kering dan merah.

Untuk mengatasi masalah mulut kering Anda bisa makan permen karet yang bebas gula untuk meningkatkan air liur, minum air mineral, menjaga kelembaban di kamar tidur agar saluran pernafasan tidak menjadi kering, dan bernafas melalui hidung tidak melalui mulut.

Namun, jika itu tidak berhasil, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan perawatan yang disesuaikan dengan penyebabnya. Jika disebabkan oleh pengobatan seperti radioterapi, maka Anda akan diberi pilocarpine.

Jika disebabkan dengan minum obat tertentu, biasanya dokter akan mengganti obat yang menyebabkan mulut kering atau hanya mengurangi dosis. Jika mulut kering disebabkan oleh penyumbatan di hidung, dokter akan memberi dekongestan.

Tenggorokan kering bisa membuat kesalahan. Bicara memang tidak bagus, begitu juga menelan minuman atau makanan. Segera cari tahu penyebab tenggorokan kering Anda, sehingga Anda bisa mengatasi dengan cara yang benar.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Fx

0 comments:

Post a Comment