TipsWongJowo merupakan blog yang membahas tentang tips, trik dan hal unik lainya kepada Anda secara gratis.

Monday, February 6, 2017

Punya Kelinci Baru? Begini Cara Merawat Kelinci Dengan Benar

Cara merawat kelinci dengan benar - Jika Anda baru saja memutuskan untuk memilih hewan kelinci sebagai hewan peliharaan. Pasti Anda mencari informasi mengenai hewan kelinci dan cara merawatnya.  Kelinci merupakan hewan yang ssangat cocok untuk Anda pelihara di rumah. Karena hewan ini bisa beradaptasi dengan cepat , tidak terlalu agresif, dan juga tidak memakan banyak tempat.

Menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan tentunya harus di sediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk kelinci Anda. Terkadang banyak orang yang tidak memperdulikan kelincin peliharaanya. Maka dari itu pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara merawat kelinci dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kelinci Dengan Benar


1. Membuat tempat tinggal yang layak


#Buatlah kandang dengan ukuran yang pas
Hewan kelinci memiliki berat kurang lebih 2kg bahkan lebih. Dengan begitu Anda harus memperlukan kandang dengan luas 1.2m , lebar 0,6, serta tinggi 0,6m. Kandang yang nyaman membuat kelinci menjadi betah.

Cara merawat kelinci dengan benar

Dengan membuat kandang seperti itu kelinci bisa berbaring, bergerak dengan nyaman, serta masih ada tempat yang cukup untuk meletakan tempat makanan maupun minuman.

  • Usahakan kandang dibuat menggunakan kayu yang halus.
  • Berilah ventilasi udara agar kelinci bisa bernafas dengan lega, gunakan kawat jaring.
  • Atap kandang harus kuat, tidak bocor dan dibuat aggak tinggi agar kelinci nyaman.
  • Berilah jerami, atau alas untuk tidur kelinci. 

Tidak hanya itu saja, kandang kelinci harus diletakan di tempat yang jauh dari benda berbahaya yang bisa melukai kelinci. Sediakan pula kotak kotoran untuk kelinci, biasanya kelinci membuang kotoran di sudut kandang. 

Jangan lupa sediakan tempat persembunyian untuk kelinci di dalam kandang, karena kelinci suka bersembunyi jika ada bahaya. Jadi, buatlah tempat persembunyian bisa dari kayu, kardus atau yang lainya.

#Menjaga kebersihan kandang
Perhatikan kandang kelinci Anda, jika terdapat banyak kotoran maka bersihkanlah. Usahakan kedepanya Anda haru membersihkan seminggu sekali agar kesehatan kelinci terjaga dengan baik.
Bersihkan tempat makanan, minuman secara rutin dan juga isikan kembali minuman dan makanan yang baru dan segar. Buang kotoran dan bersihkan tempatnya seminggu sekali, sebaiknya Anda membuat kandang dengan kotak kotoran.

#Menjaga suhu kandang
Suhu yang cocok untuk tubuh kelinci yaitu kisaran 16-21 C.  Letakan kandang yang pas agar suhu tidak terlalu panas. Usahakan jangan terlalu terkena sengatan mata hari langsung. Berilah tempat persembunyian di dalam maupun di luar kandang. Hal ini untuk menjaga suhu tubuh kelinci dari panasnya matahari.

2. Berikan Makanana, Cemilan, Dan Minuman Secara Rutin


Untuk merawat kelinci tentunya hal ini jangan di lewatkan. Memberi makan kelinci adalah suatu langkah yang penting supaya kelinci semakin berkembang. Tentu para pemelihara sudah mengetahui hal ini secara pasti. Lalu apa saja makanan yang tepat untuk si kelinci tersebut? berikut ini penjelasanya.

Bagaimana cara merawat kelinci dengan benar


#Rumput/jerami
Seperti kita ketahui bahwa kelinci adalah hewan pemakan tumbuh tumbuhan salah satunya rumput. Memberikan cemilan rumput secara rutin akan menjadikan kelinci semakin tumbuh berkembang. Tentu rumput yang bagus kualitasnya yang mempengaruhi pertumbuhan kelinci.

Rumput jenis Timothy, oat dan brome merupakan rumput yang sangat baik kualitasnya. Tidak hanya rumput basah saja yang bisa dijadikan makanan kelinci. Rumput kering seperti jeramih juga bisa dijadikan sebagai cemilan kelinci. 

#Makanan Pelet Kelinci
Makanan kelinci tidak hanya rumput saja, tetapi pelet berguna juga untuk membuat pertumbuhan kelinci semakin pesat. Namun, pemberian pelet janganlah terlalu sering. Karena pelet mengandung banyak kalori yang bisa menyebabkab kelinci menjadi obesitas atau kegemukan.

Tentunya sang pemelihara tidak mau kelincinya menjadi obesitas karena tidak tau pasti takaran makanan kelinci. Jika Anda terlanjur memberikan pelet secara terus menerus tanpa di imbangi dengan asupan makanan yang lain seperti rumput dan sayuran. Maka, mulai sekaran ubahlah pola makan kelinci Anda dengan asupan makanan yang tepat.

Diharuskan pelet yang diberikan harus mengandung sekitar 18-20% kandungan serat , 14-16% protein, serta lemak dan kalsium (masing-masing 1%).  Usahakan Anda memberikan pelet yang berbahan dasar rumput timothy daripada yang berbahan dasar alfalfa.

Anda pernah beli pelet tanpa bungkus atau wadah yang hampa udara? Mulai sekarang jangan beli lagi, karena wadah yang terbuka mengakibakan vitamin yang terkandung menurun. Untuk membeli pelet usahakan yang terbungkus rapih dan berkualitas baik.

#Sayur Sayuran dan Buah Segar
keseimbangan gizi, vitamin, protein dan lainya merupakan hal penting agar kelinci Anda selalu sehat. Terdapat banyak kandung di dalam sayur sayuran salah satunya wortel. Kelinci dan wortel memang tidak bisa terlepaskan. Semua orang pasti tau bahwa kelinci memiliki makanan kesukaan yaitu wortel.

Tapi tidak hanya wortel saja, Anda juga bisa memberikan daun-daunan, lobak, brokoli dan sayuran yang segar lainya. Terkadang memberikan sayuran bisa mengakibatkan kelinci menjadi diare. 

Saya akan memberikan tips memberikan sayuran kepada kelinci yang benar. yaitu dengan memberikan satu jenis sayuran saja kepada kelinci. Jika diberikan segala jenis sayuran bisa mengakibatkan kelinci diare.

Untuk pemberian buah-buahan jangan terlalu sering. Berilah buah seperti halnya sebagai cemilan saja, karena buah mengandung banyak gula.

#Air Minuman
Menyediakan air minum untuk kelinci merupakan langkah yang tepat supaya pencernaan lancar dan kelinci tidak dehidrasi. Perhatikan juga kualitas air yang digunakan untuk minuman kelinci. Jangan samapi terdapat kandungan yang berbahaya yan mengancam kesehatan kelinci.

Pastikan selalu menjaga kebersihan tempat minum, dan mengganti air yang sudah tidak layak / kotor.  Jangan sampai kelinci Anda minum minuman seperti coklat, yogurt, soda, karena bisa mengakibatkan usus kelinci menjadi sakit karena penumpukan bakteri.

3. Memiliki Kelinci Baru : Anda harus memperkenalkan diri ke kelinci dan ajak bermain.


Sebagai pemilik tentunya ingin kelincinya luluh dan ingat terhadap pemiliknya. Untuk itu hal ini harus dilakukan bagi Anda yang baru saja memelihara kelinci. Dengan begitu, perawatan kelinci akan sangat mudah jika kelinci sudah jinak kepada Anda. 

Kelinci memang suka berlari dan melompat lompat. Sediakan tempat yang lumayan luas untuk dijadikan tempat bermain kelinci. Jangan cuma diam di kandang saja, melainkan kelinci harus berada di luar ruangan setidaknya 6 jam setiap hari.

#Cara memegang kelinci yang benar
Kebanyakan orang menganggap jika ingin memegang/menggendong dengan cara memegang telinganya. Itu hal yang salah, tubuh kelinci sangatlah rentan jadi peganglah tubuh kelinci dengan hati hati.

Cara memegang/menggendong dengan benar yaitu letakan tangan anda dibagian belakang kelinci serta tangan yang satunya berada di depan kelinci.

Cara memelihara kelinci dengan benar

#Berilah teman untuk kelinci
Kelinci adalah hewan yang yang suka bergerombol dan suka bermain. Carilah pendamping untuk dijadikan teman bermainya agar tidak kesepian. Jika ingin pelihara lebih dari satu ekor, lebih baik jenis kelinci harus sama dan juga umur yang sepadan.


#Rawat bulu kelinci
Apakah kelinci boleh dimandikan? kelinci tidak di anjurkan untuk mandi layaknya manusia. Tetapi untuk menjaga kecantikan bulu kelinci bisa Anda lakukan dengan cara menyisir dengan lembut. Serta bersihkan bulu bulunya dari kotoran yang menempel.

Salah satu kebiasaan kelinci yaitu saling membersihkan bulunya baik dilakukan sendiri maupun bantuan sesamanya. Maka dari itu, pemeliharaan kelinci yang benar yaitu dengan memberikan teman sejenis agar bisa berkembang dengan baik. Kelinci bisa di mandikan jika keadaan terlalu kotor, Anda bisa menggunakan sampo khusus kelinci.

#Cek kesehatan kelinci ke dokter hewan
Memperhatikan kesehatan kelinci adalah cara yang benar untuk merawat kelinci. kelinci bisa saja tampak baik di luar tetapi bisa jadi di dalam pencernaan atau lainya terdapat masalah. Maka dari itu, bawalah kelinci Anda ke dokter khusus setidaknya setahun sekali.

Kesimpulan
Dengan melakukan tips yang sudah saya kasih diatas stidaknya ada perubahan terhadap perilaku kita terhadap kelinci. Anda sebagai pemelihara harus memperhatikan dan betul betul ingin merawat kelinci. Bagi Anda yang baru saja memelihara kelinci dan tidak mengetahui cara yang tepat , maka Anda sangat tepat sekali untuk membaca artikel ini. Karena diatas sudah saya jelaskan dengan lengkap bagaimana cara merawat kelinci dengan benar .

Punya Kelinci Baru? Begini Cara Merawat Kelinci Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Fx

1 comments: