TipsWongJowo merupakan blog yang membahas tentang tips, trik dan hal unik lainya kepada Anda secara gratis.

Saturday, February 4, 2017

6 Tips Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Tips sebelum membeli asuransi kesehatan - Asuransi kesehatan adalah asuransi yang sangat umum dikenal oleh masyarakat. Selain itu, tipe asuransi ini cukup banyak diminati. Namun sebagian besar masyarakat belum mengetahui pentingnya memiliki asuransi kesehatan yang bagus apalagi ketika mereka terlibat dalam satu kondisi tertentu dimana mereka akan membutuhkan asuransi kesehatan tersebut. 

Maka dari itu sangat penting untuk mengerti tentang kelebihan yang ditawarkan oleh asuransi anda satu per satu, apalagi jika anda telah membeli produk tersebut. Pada dasarnya produk dari asuransi adalah salah satu cara untuk berinvestasi yang tentunya menguntungkan untuk anda.

Tips Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan

Sebagian besar orang yang memiliki asuransi kesehatan kurang paham dengan kelebihan yang seharusnya dapat dimiliki sepenuhnya oleh mereka. Pada akhirnya dana yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemegang polis jatuh ke tangan perusahaan asuransi. Sangat penting untuk memilih dan menyesuaikan tipe asuransi kesehatan beserta range yang tepat untuk diri anda sebelum akhirnya membeli salah satu produk.

Di artikel ini kami akan memberikan tips yang berguna sebelum menentukan untuk membeli produk asuransi kesehatan. Mempertimbangkan sebelum membeli adalah langkah yang sangat bijak.

  1. Memilih perusahaan asuransi dengan bijak
Ada banyak sekali perusahaan asuransi di negeri ini. Masing-masing selalu memberikan iming-iming menjanjikan dan tentunya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Pada dasarnya hampir seluruh perusahaan yang menawarkan asuransi jiwa akan menawarkan asuransi kesehatan juga. Jika anda dihadapkan dengan asuransi umum dan asuransi jiwa, akan lebih baik jika anda memilih asuransi umum. 

Asuransi jiwa biasanya hanya berfokus pada hal-hal yang terjadi jika sesuatu yang buruk terjadi pada anda, tidak termasuk biaya kesehatan. Selain itu, premi asuransi umum biasanya tidak semahal asuransi jiwa.

  1. Merencanakan sesuai kebutuhan masa depan
Rencana adalah kunci dari segalanya. Merencanakan sesuatu dengan matang akan memberikan banyak keuntungan serta kemudahan untuk anda. Hal ini juga berlaku jika anda akan membeli produk asuransi, terutama asuransi kesehatan. Anda harus memikirkan rencana asuransi yang tepat dan tujuan utama anda membeli produk tersebut. Jika anda sudah menikah dan memiliki anak, kebutuhan anda akan berbeda dengan mereka yang belum menikah dan hidup sendiri. Merencanakan asuransi dengan matang akan menuntun anda untuk membeli polis yang tepat.

  1. Memahami segala informasi tentang produk asuransi
Membaca seluruh aturan dan ketentuan yang berlaku untuk tiap polis adalah sebuah kewajiban, terutama jika anda bertujuan untuk membeli salah satu produk asuransi. Asuransi kesehatan tersedia dalam berbagai jenis. Banyaknya jenis asuransi kesehatan biasanya tergantung pada perusahaan yang anda pilih. Akan lebih baik jika anda menanyakan dan membaca setiap tipe asuransi kesehatan yang disediakan serta mempertimbangkan baik dan buruknya. 

Memahami sejak awal akan menghindarkan anda dari segala hal yang merugikan di masa depan. Selain itu, dengan memahami semua ketentuan polis, anda dapat mengoptimalkan dana asuransi untuk diri anda sendiri.

  1. Memilih jumlah yang tepat atau ‘sum assured’
Anda dapat menanyakan banyak hal kepada pihak asuransi seperti pengertian ‘sum assured’. Secara singkat, hal ini berdefinisi sebagai jumlah maksimal dari pertanggungan yang bisa diperoleh oleh pemegang asuransi dari satu polis per tahun. Pada dasarnya istilah ini adalah dasar dari seluruh klaim tentang hal yang bersangkutan dengan pertanggungan kesehatan anda. Sebelum anda menentukan jumlah maksimal dari dana asuransi, akan lebih baik anda menghitung biaya kesehatan yang mungkin muncul. 

Di waktu yang bersamaan, jumlah yang ditentukan tidak bisa terlalu tinggi karena tentunya anda harus membayar premi yang disesuaikan dengan jumlah pertanggungan yang akan anda dapatkan.

  1. Memeriksa rekanan rumah sakit
Setiap perusahaan asuransi memiliki rekanan rumah sakit yang tersebar di seluruh kota. Namun ada rumah sakit tertentu yang tidak bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang anda tunjuk. Rumah sakit rekanan biasanya telah diinstruksikan untuk melanjutkan klaim dari pasien yang ditanggung oleh perusahaan asuransi tertentu. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk memeriksa daftar rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi anda. 

Selain memastikan nama-nama rumah sakit rekanan, anda juga perlu memeriksa fasilitas yang diberikan, reputasi rumah sakit, dan juga jarak rumah sakit dari tempat tinggal anda. Keadaan darurat juga perlu diperhitungkan ketika anda akan membeli salah satu produk asuransi kesehatan.

  1. Memahami proses penghitungan premi
Premi adalah harga yang harus dibayar kepada perusahaan ketika anda telah setuju untuk membeli polis. Pada dasarnya ada formula khusus untuk menghitung premi suatu polis, namun ada beberapa faktor yang nantinya dapat mengganti rumus tersebut. Faktor-faktor yang mungkin mengubah jumlah premi yang harus dibayar seperti ‘sum assured’, seberapa sering anda menggunakan polis dan berapa banyak jumlah uang yang anda gunakan.

Itulah beberapa tips sebelum membeli asuransi kesehatan yang tipswongjowo berikan untuk Anda. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Salam sukses!

6 Tips Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Fx

0 comments:

Post a Comment