TipsWongJowo merupakan blog yang membahas tentang tips, trik dan hal unik lainya kepada Anda secara gratis.

Wednesday, January 4, 2017

Blog Hilang / Tidak Muncul di Halaman 1 Google? Ini Penyebabnya!

Pada kesempatan kali ini admn akan membahas penyebab artikel blog tidak masuk halaman pertama Google. Namun, sebelum merambah ke intinya, kita basa basi terlebih dahulu sejenak.

Google adalah mesin pencari yang sangat dikenali oleh kalangan masyarakat luar maupun di dalam negeri yaitu indonesia. Karena hal itu orang orang khususnya para blogger fokus kepada mesin pencari Google untuk mendapatkan pengunjung.

Yang jadi kendala bagi setiap blogger yaitu persaingan yang ketat dan ingin menduduki rangking pertama google. Ibaratnya kita berusaha untuk menjadi juara satu dari sekian peserta. Tujuan para pemblogger pasti ingin blognya masuk di mesin pencari walaupun tidak di nomer urut pertama.

Mungkin kalian pernah mengalami artikel blog sudah muncul di halaman ertama/kedua Google lalu tiba tiba artikel hilang entah di halaman berapa. Masalah tersebut juga saya alami sendiri di salah satu blog yang saya buat waktu itu.

Tapi tenang saja, masalah seperti diatas akan dibahas tuntas di blog ini dengan pembahasan mengenai penyebab artikel blog hilang dari halaman pertama Google.

penyebab blog tidak muncul di halaman pertama google

Penyabab blog tidak muncul di halaman pertama Google


Ada beberapa faktor yang bisa kita ketahui penyebab dari inti masalah ini. Faktor internal dan exernal harus Anda ketahui agar tau penyebabnya dan mampu mengatasinya. Baiklah, simak baik baik penjelasan di bawah ini.

A. Faktor Internal


#Gonta-ganti template

Melakukan pergantian template blog menjadi faktor pertama yang menyebabkan artikel turun SERP Google. Perlu Anda ketahui bahwa saat mengganti template blog Anda harus langsung menempelkan kode verifikasi webmasternya lagi.

Mungkin sebagian dari Anda lupa terhadap hal kecil seperti ini. Dulu saya juga seperti itu, waktu mengganti template lupa menaruh kode verifikasi webmaster kembali. Alhasil artikel menurun peringkat yang awalnya masuk page one jadi page 3.

Yang harus Anda lakukan adalah menaruhnya kembali kode verifikasi tersebut kemudian lakukan submit url dan ping agar terbaca kembali oleh Google.

#Artikel hasil kopas (copy paste)

Suka melakukan hal ini? sama seperti saya dulu. Waktu itu saya belum mahir merangkai kata demi kata untuk membangun sebuah artikel. Jalan pintasnya saya melaukan copy paste artikel milik orang tetapi tidak 100% saya copas semua.

Pada waktu itu artikel yang baru disubmit masuk halaman pertama nomer urut 7. Namun, setelah 3 hari saya tinjau lagi artikel hilang entah nagkring di halaman berapa.

Hal ini yang menjadi penyebab turunya peringkat di mata google. Sebaiknya hilangkan sifat Anda yang suka melakukan plagiat konten orang lain. Karena semua itu tidak ada hasilnya, bahkan bisa membuat rugi Anda sendiri.

Artikel yang unik, original, buatan sendiri akan lebih baik dan tentunya membuahkan hasil yang memuaskan. Seperti berita yang ada di televisi yang materinya sama tetapi gaya bahasa dan penyampainyanya berbeda. Itu bisa Anda terapkan di saat ingin membuat artikel.

#Blog dibaned google

Kalau faktor yang ini akibatnya sangat berat sekali. Tidak hanya artikel yang tidak masuk halaman Google, melainkan blognya tidak terindex lagi oleh mesin pencari Google. Kejadian seperti ini sudah saya alami pada saat membuat blog Auto Generate Content.

Salah satu cara agar tidak terjadi seperti ini yaitu dengan tidak melakukan spam dan jangan menggunakan tools auto generate content. Semua itu akan sia sia saja, mungkin sebagian ada yang berhasil membuat blog AGC tanpa di banned oleh Google. Tetapi tidak akan lama pasti ditebas juga oleh pihak Google

Anda bisa cari pembahasan mengenai blog dibanned google karena disini hanya membahas penyebab blog tidak muncul di halaman pertama google.

#Umur blog terlalu muda

Tidak hanya makhluk hidup saja yang umurnya semakin tua semakin menjadi, hal ini juga diterapkan oleh Google. Umur blog yang masih muda juga menjadi salah satu penyebabnya. Seperti yang sudah saya katakan tadi semakin tua semakin menjadi.

Jika umur blog masih muda kalian juga jangan mengehntikan kegiatan blogging. Malah disarankan untuk update artikel terus secara berkala agar di cintai oleh Google.


B. Faktor Eksternal


#Tidak melakukan fetch as google/submit url

Yang paling penting dari semua faktor adalah tidak melakukan fetch as google atau ambil sebagai google. Tuntu hal seperti ini yang menjadi penyebab utama blog tidak masuk di halaman pertama.

Yang harus Anda lakukan tentu saja dengan melakukan fetch as google di webmaster dan juga melakukan ping di setiap artikel yang baru Anda publis.

Lakukan tiga tahap yaitu fetch as google, submit url, ping. Jika ketiga itu dilakukan blog Anda pasti sudah terindex oleh mesin pencari. Namun untuk masalah masuk tidaknya di halaman pertama belum dipastikan 100%.

#Saingan terlalu berat

Membuat blog tidak memang mudah sekali cuma memerlukan beberapa menit saja sudah jadi. Tetapi untuk membangun blog agar menjadi terkenal itu yang menyulitkan. Jadi, sebelum Anda membuat blog sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu.

Melakukan riset terhadap kategori blog yang akan Anda buat adalah langkah yang bagus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini yang dipakai banyak blogger untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dari mesin pencari. Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melihat saingan lawan blog Anda.

#Gara-gara backlink

Tidak disangka bahwa backlink juga bisa menurunkan peringkat di mesin pencari. Loh kok bisa? perlu Anda ketahui bahwa backlink sama halnya dengan obat obatan. Jika terlalu berlebihan maka hasilnya semakin parah. Hal ini juga berlaku terhadap backlink.

Salah melakukan backlink menjadi penyebab blog tidak muncul di halaman pertama google. Mungkin menurut Anda semakin banyak backlink semakin bagus. Itu memang benar, namun harus dilakukan dengan benar.

Langkah yang benar untuk menanam backlink yaitu ketika umur blog Anda sudah memasuki 1-2 bulan dan minimal artikel sudah keindex oleh google. Jika blog masih muda jangan diberi backlink terlebih dahulu, karena mengakibatkan turun SERP.

Kesimpulan
Intinya Anda jangan terlalu berlebihan saat membangun blog. Buatlah dengan murni tanpa bantuan alat apapun. Semoga dengan informasi diatas bisa membantu masalah Anda yang selama ini dicari cari. Jika ada pertanyaan bisa berkomentar dibawah nanti akan saya jawab semampunya. Sekian postingan kali ini mengenai penyebab blog tidak muncul di halaman pertama google

Blog Hilang / Tidak Muncul di Halaman 1 Google? Ini Penyebabnya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arya Fx

3 comments:

  1. Emmm sepertinya faktor yang paling mendasar adalah karena domain masih belum berumur. Sehingga daya index terhadap mesin pencari masih lemah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar. seperti yang saya katakan diatas.

      Delete
  2. mau tanya gan.
    klo umur domain udah tua,terus udah masuk halaman 1, terus tiba2 hilang padahal nggk di apa-apain.kira-kira penyebabnya apa ya gan?

    ReplyDelete